Jumat, 02 Juni 2017

Catatan Hitam

Tak seorangpun bisa memiih apakah ia akan dilahirkan atau tidak. Seperti tak seorangpun dapat menolak kematian bila itu waktunya. Dan tak seorangpun dapat menolak takdir..sekalipun itu hasil rangkaian tindakannya. Kamu bahkan tak pernah tau , bahwa kamu terlahir hanya untuk menjadi iblis. 
Apakah hidup ini memiliki jalan kembali? Memilih untuk tak dilahirkan.

Sub chapter 1
Cerita orang tentang Sheryl

Image result for beautiful woman painting
Sheryl seorang gadis yang mandiri , sejak kecil ia tidak pernah berjumpa ayahnya karena ibunya tak tahu siapa ayahnya. Dunia memang tak seindah apa yang ada di buku cerita tentang keluarga yang lengkap, bahagia dan mapan. Maka dari itu jika seseorang mengalami satu saja keadaan yang patut disyukuri, maka syukurilah.

Sheryl tumbuh hingga remaja dibesarkan oleh ibunya, bisa sekolah, bisa makan, beli pakaian , walau tak bisa membeli sebuah keluarga bahagia dan mapan seperti di buku cerita. Ibunya hanya bisa mencari uang dengan cara yang tidak pernah diinginkan oleh anak anak manapun di dunia. Sampai akhirnya ibunya meninggal disaat sheryl menginjak sma, ia pun diadopsi oleh teman ibunya. Teman ibunya yang pekerjaannya tak jauh beda dengan ibunya.


Sejak lulus SMA, Sheryl diberi kesempatan untuk menentukan sendiri jalan hidupnya. Tak ada lagi biaya , jika ia mau uang, ia harus bekerja. Beruntung ibu tirinya tak memaksa Sheryl untuk mengikuti jalan hidupnya, justru ia ingin Sheryl tumbuh menjadi wanita yang berhasil.Ironi yang sudah umum di dunia ini, bahwa sesorang sadar betul apa yang dilakukannya tidak baik , namun ia tetap melakukannya dan kemudian menasehati orang lain untuk tidak mengikutinya.

Sheryl yang sejak kecil pintar berdandan dan sense of fashionnya tinggi menerima peluang hidupnya. Ia ditawari untuk menjadi model foto dan ikut dalam sebuah agency. Bakat dan kecantikannya membuat banyak orang tertarik.

Sheryl adalah kecantikan yang lugas dan tegas , sebuah definisi cantik yang murni, tidak butuh kata manis, menarik , imut , lucu , untuk menambahkan penilaian terhadap rupa nya.
Dengan pekerjaan sebagai model , usher , itu sudah cukup untuk membiayai kuliahnya, ya meskipun bukan sebuah universitas ternama. Namun Sheryl memilih kuliah, agar tetap terbuka jalannya untuk berkarir, seandainya itu jalan hidupnya.

Suatu hari ia pun jatuh cinta, pada seorang pria yang istimewa, putra seorang pejabat , yang tampan dan bergaya. Sheryl pun takluk pada harapan cinta yang kiranya selamanya, setia , mapan dan bahagia selamanya. Seperti pasangan muda sensasional di buku cerita. Sebagai seorang wanita, Sheryl telah menyerahkan segalanya namun itu tak berarti ia akan mendapatkan segalanya juga. Hanya sekian bulan, Ia pun ditinggalkan. Cerita seperti ini bukanlah kisah luar biasa, dari jaman ke jaman cerita seperti ini sudah banyak dijumpai, namun tetap saja kita mendengarnya lagi dan lagi. Sejarah mempunyai kecenderungan untuk terulang.

Disaat yang sama, jumlah tawaran pekerjaan menurun, Sheryl kehilangan kepercayaan dirinya. Pada saat itu, ibu tirinya yang memang sudah sakit sakitan akhirnya meninggal dunia.
Kehidupan ingin menghibur Sheryl, melalui temannya , ia dikenalkan pada seorang pria yang tampan, istimewa ,baik hatinya . Pria yang mendekati sempurna, pria ini sungguh berbeda , selama berjalan berdua tak pernah ia menunjukkan gelagat yang tidak sopan. Ia seorang calon dokter, seorang calon dokter yang baik, yang masuk fakultas kedokteran karena pintar bukan karena bayar.

Pada sebuah senja..

“sheryl..”

“Iyah..”

“ Aku akan melanjutkan kuliah keluar negeri..” 

“Aku tau perkenalan kita yang singkat ini begitu istimewa , aku senang berkenalan denganmu tapi aku harus pergi” sambung si pria 

“Alek , mengapa kamu hadir dalam hidupku, menghiburku saat terluka, membuatku bahagia, membuatku berpikir kamu akan menyatakan cinta..tapi ternyata kamu malah pergi meninggalkanku? “ tanya sheryl berkaca-kaca

“ Maafkan aku, karena aku tidak ingin melewatkan kesempatan ini. ini sebabnya aku harus mengatakan ini sekarang..“jawab sang pria

“ Kamu cuma kasihan sama aku...?” ujar sheryl, masih menahan tangis

“ Mengapa cinta tak pernah hadir dalam hidupku bahkan aku terlahir bukan karena cinta...?” kali ini Sheryl tak kuasa menahan tangisnya


Hingga akhirnya Alek tetap harus pergi meninggalkan Sheryl...
_________________________________________________________________________________



Sub chapter 2
Evil’s diary

Image result for gothic diaryNamaku sheryl , aku tak pernah mengenal ayahku. Sejak kecil, ibu hanya bilang ayah sudah meninggal sejak aku dilahirkan, yang belakangan aku tahu itu hanya cerita yang dikarang ibuku. Terlahir dalam rahim yang tak tahu asal benihnya, sebuah cerita yang menyedihkan bagi kebanyakan orang.

Namun tidak bagiku..

Terkadang aku heran, sejak kecil aku tak pernah sesedih orang-orang yang menemaniku. Mereka berempati seolah hidupku ini menyedihkan. Tapi aku tak merasa seperti itu.
Jika ada uang untuk bersenang-senang, aku dengan cepat lupa akan kesedihanku. Di saat dewasa aku mulai banyak belajar tentang perilaku hidup manusia. Belakangan aku menyadari , aku tak sama dengan mereka.. ya mereka manusia pada umumnya. Aku tak pernah benar benar bisa bersedih , aku tak mudah merasakan emphaty. Aku bukannya tak pernah menangis, tapi aku tak memahami esensi kesedihan.

Hanya mama yang menyadari perilakuku ini, mama tiriku yang membesarkanku setelah ibu ku meninggal. Ia dengan keras , selalu mengajarkanku bagaimana harus bersikap. Harus menunjukkan rasa sedih ketika anjing tetangga mati. Harus memberikan ucapan selamat bagi yang sedang bersukacita, serta belajar berhenti menginjak mati cicak dan kecoa yang kadang mengagetkanku.

Belajar untuk tidak mencuri uang, dan juga belajar untuk ulangan di sekolah agar nilaiku bagus.
Tidak memahami kesedihan bukan berarti tak punya selera humor..

Catatan selalu akrab dalam hidupku, di sebuah diary aku selalu menuliskan pelajaran tentang perilaku manusia yang harus kupelajari agar aku tidak tampil sebagai manusia yang berbeda dan menjadi psikopat, begitu kata mama.

Aku melihat diriku mudah untuk menarik perhatian, sejak sekolah tak terhitung pria yang mendekatiku. Begitu mudahnya untuk menipu pria , hanya dengan bertingkah baik namun lemah lembut dan sajikan sedikit masalah untuk dicurhatkan maka pria lembut hati akan datang..asalkan kau cantik. Hanya dengan bertingkah sedikit cuek seakan tak peduli, lalu tampil sedikit seksi maka para playboy kaya akan datang, mereka butuh tantangan..tentu saja juga asalkan kau cantik.

Tapi bagiku, mereka semua sampah.

Tak pernah aku patah hati, justru pria pria itu yang frustasi. Tapi biarkanlah ego mereka terselamatkan sebagai ganti apa yang sudah aku dapatkan.

Tak perlu kuceritakan bagaimana aku mendapatkan uang , tanpa harus berpredikat pelacur .

Terkadang aku juga pernah gagal..
Suatu ketika seorang pria mendekatiku, dari kriteria yang kusebutkan diatas ia termasuk pria lembut hati. Hubungan kami berjalan sampai kukira ia benar benar akan jatuh cinta dan menyatakannya padaku. Tapi ternyata tiba-tiba ia pamit, kuliah keluar negeri. Out of prediction!

Tentu aku tidak bersedih..sama sekali tidak. Oh iya, pria ini sangat ceroboh , suatu hari ia membawa uang tunai dalam tas hitam, yang katanya akan disetorkan ke yayasan sebagai sumbangan atau apalah. Tapi tas hitam itu ia gantungkan begitu saja di sepeda motornya. Ya saat itu kami sedang pergi naik sepeda motor. Di sebuah jalan sepi, aku melihat tas itu terlempar karena guncangan sepeda motor dan jatuh ke sebuah selokan. Aku diam saja berpura pura tidak sadar. Sampai di tujuan ia kebingungan mencari tas nya dan menyesali kecerobohannya. Menurut catatanku, aku harus menunjukkan emphaty dalam keadaan seperti itu. Maka saat itu aku menemaninya kebingungan, menemaninya menyusuri jalan dan sedikit menangis menyesali kecerobohan kami. Tapi tentu saja aku tidak menunjukkan selokan itu.
Sepulang dari sana aku sendiri kembali ke tempat ia menjatuhkan bungkusan hitam itu , how lucky nobody see it. Sungguh pria lembut hati, kaya, namun ceroboh..dan terima kasih untuk satu platina putih di pergelangan tanganku sebagai hadiah ulang tahun.

Kuberi satu kecupan..

Kelakuan pria ini tak seperti pria yang kupelajari sebelumnya. Tak pernah kujumpai pria yang tak mencoba menciumku ketika kami berduaan dalam mobil. Justru aku yang menciumnya..karena menurut catatanku, sudah selayaknya aku berterima kasih setelah diberi hadiah.

Ah sudahlah.. suatu saat aku akan mencobanya lagi setelah ia kembali dari kuliahnya di luar negeri. Because I believe , nobody is angel selama dia mempunyai bayangan dan menginjak tanah.

Tapi mungkin akulah iblis yang memiliki bayangan dan menginjak tanah. Begitu kata mama, ketika ia tau aku yang meracuni makanannya. 
Trims untuk asuransinya mama..

Sub part 2 end

Sheryl,... dalam diary yang ditemukan, tertulis banyak hal tentang hidupnya. Termasuk pertemuan dengan suaminya dan juga kehadiran wanita yang kecantikannya bagaikan cahaya menelanjangi kegelapan. Kelembutan hati yang mententramkan, kecerdasan yang mengagumkan dalam diri seorang wanita.

Namanya Calista, dan ia musuh alami sang iblis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar